Senin, September 29, 2014

kokohkan diri



Bismillaah.. #23:27 at kost 27 April 2014 J
Selalu ku awali dengan menyebut namaMu ya Allah.. semoga setiap langkah adalah mendapatkan keridhoanMu.

Dengan bertambahnya umur, semoga kedewasaan selalu mengikuti. Dinamika kehidupan yang terus bergulir, semoga tidak mengikis prinsip dan nilai yang kita pegang teguh dari awal perjuangan. Kesetiaan pada kebaikan, semoga tetap tertanam dalam setiap langkah dan tindakan.
Hakikatnya.. setiap manusia mempunyai pemikiran dan prinsip yang berbeda. latar belakang dan lingkungan telah membentuk tiap individu mempunyai karakter yang berbeda satu sama lain. Itulah yang membuat dinamika social, perbedaan yang membuat timbulnya gesekan-gesekan dalam berinteraksi. Itu negatifnya. Tapi sisi positif dari perbedaan itu justru lebih banyak. Karena sungguh.. berbeda itu istimewa. Sering ku katakan bahwa berbeda pemikiran membuat kita belajar dari pemikiran orang lain. Bisa jadi setuju atau sebaliknya. Pemikiran orang lain bisa menjadi koreksi, inspirasi, pengingat, atau justru kritik dan masukan yang membangun. Jika pemikiran mereka yang salah, kita bisa belajar dan tau bahwa bisa jadi apa yang kita lakukan akan menimbulkan pemikiran yang buruk oleh orang lain.
Berbeda dalam bertindak dan berkontribusi, akan menjadikan kita lengkap. Karena 1 bertindak dari bawah dan 1 lagi bertindak dari atas. Nanti akan bertemu pada 1 titik yaitu di tengah-tengah. Suatu kesetimbangan, pelengkap J
Semoga bisa menjadi pribadi yang kokoh dan kuat. Apalagi sedang berada di masa-masa multi pandangan dan multi pemikiran. Setiap oramg punya pembenaran atas apa yang dilakukan. Tipis sekali bedanya orang salah dan benar. Kebenaran bisa terlihat sangat keliru. Dan yang jelas buruk bisa terlihat sangat benar. Hati-hati. Zaman sekarang penjajahan tidak lagi berupa kerja paksa dan perampasan kekayaan. Tapi lebih jahat dari itu. Ghazwul fikr. Penjajahan pemikiran. Bagaimana mereka memberikan pendapat-pendapatnya secara halus dan membuat kita mengiyakan yang mereka katakan. Kalau kita tidak memiliki fondasi yag kuat, tentunya dalam hal ini adalah agama, maka akan mudah sekali terbawa arus.

Arusnya mungkin deras sekali, tetapi keteguhan dan kekokohan prinsip tak akan pernah tergoyahkan lagi

Berbekal pengalaman yang sudah kita dapatkan, semoga kita bisa terus berproses menjadi lebih baik. Meningkatnya pemahaman yang baik, pengertian yang baik, dan keteguhan memegang prinsip, semoga kita bisa menjadi pribadi yang kokoh yang siap melawan arus meskipun itu berat dan sulit. Tapi perjuangan tak akan pernah berhenti. Karena selalu ada penyemangat dan kekuatan kenapa kita harus tetap bertahan dan berjuang, yaitu orang tua kita dan orang-orang yang mencintai kita. Semangat!

0 komentar:

Posting Komentar